Internet adalah sebuah jaringan terluas saat ini. Milyaran informasi bisa didapatkan diseluruh dunia dengan bantuan mesin pencari. Kehadiran mesin pencari inilah yang membuat informasi yang didapatkan dengan sangat mudah. Salah satunya adalah mencari produk atau jasa tertentu. Anda akan sangat mudahnya mencari sesuatu di internet melalui mesin pencari. Mesin pencari yang menjadi andalan bagi masyarakat di dunia adalah google.

Google adalah sebuah mesin raksasa yang menyedot semua informasi yang tersimpan dari setiap website di dunia. Hampir 80% mayoritas orang menggunakannya sebagai akses untuk menemukan sesuatu di internet. Dengan jumlah pengguna yang sangat banyak, memungkinkan banyak orang yang ingin website nya tampil di google. Namun, semakin banyak website yang muncul maka, semakin banyak laman-laman yang sama dengan website kita.

Mungkin Anda pernah berambisi untuk membuat website dan banyak dikunjungi oleh pengguna internet. Namun, ketika Anda sudah membuatnya rupanya tidak ada satupun pengunjung yang datang. Dan Anda pun bertanya-tanya mengapa website kita tidak seperti website kebanyakan orang ? akhirnya, konten yang Anda buat selama ini menjadi percuma dan tidak memberi nilai jual. Untuk itu, kita harus mengetahui cara kerja mereka dalam menemukan website kita di Internet.

Cara Kerja Google Memuat Website

cara kerja google search

Pada tahap pertama, ketika orang berusaha mencari sesuatu melalui google maka, seketika mereka akan menelusuri topik yang kita cari di server. Istilah ini bisa kita sebut dengan crawler. Dalam hal ini, google mampu mengambil semua informasi yang berada di internet dan menyimpan otomatis di server mereka. Setelah mereka menemukan sekumpulan data yang berhubungan dengan topik yang kita cari maka, google akan menspesifikasikan hasil sesuai dengan relevansi topik yang kita cari. Sederhananya, dalam proses ini website kita berusaha bersaing dengan website lainnya untuk lolos dalam algoritma pencarian mereka. Perlu diketahui, algoritma yang google terapkan memang berbeda-beda dan dalam kurun waktu yang tidak bisa ditentukan. Namun sebagai gambaran pastinya, mereka selalu memperbaiki mesin pencarian mereka agar konten yang tersedia adalah konten yang berkualitas dan relevan sesuai pencarian.

Setelah melalui tahap filter dalam server mereka maka, pencarian dimuat lah dalam beberapa halaman. Halaman pertama berisi 10 website yang mereka anggap adalah website paling relevan dengan topik yang kita cari. Jumlah halaman yang disediakan tergantung dari berapa banyak website terkait dengan topik yang kita cari.

Walaupun google banyak menyediakan halaman dalam suatu pencarian, bukan berarti pengguna akan mencari semua informasi di setiap halaman tersebut. Dalam berbagai studi kasus, mayoritas orang-orang hanya mencari sesuatu pada halaman pertama saja di google. Di tambah, pada halaman pertama mayoritas orang menemukan informasi yang sesuai di urutan pertama hingga keempat. Artinya, website kita akan menjadi percuma jika website kita tidak muncul di halaman pertama. Dan dalam hal ini, orang-orang akan kesulitan menemukan website Anda. Maka dari itu, dalam tahap selanjutnya kita akan mencoba menjelaskan mengenai langkah-langkah website kita bisa muncul di halaman pertama google.

About the author

Ilham Saputra
SEO & Social Media Content at

Hello, I am very enthusiastic about the world of SEO and digital marketing, I am happy to write something with good SEO rule. Have a hobby copy writing and love to interact with people.